i.

PENERIMAAN SISWA BARU (PSB)

KELAS X 

SMA ISLAM AL-IZHAR PONDOK LABU

TAHUN AJARAN 2026/2027

I.
PENDAFTARAN SECARA ONLINE 

Pendaftaran tanggal 5 November s.d. 12 Desember 2025. 

I. Internal (5 November s.d. 5 Desember 2025)

Khusus Jum'at, 5 Desember 2025, batas akhir pendaftaran (status penyelesaian berkas 100%) s.d. pukul 14:00 WIB. Apabila hingga pukul 14:00 WIB berkas belum mencapai 100% maka calon siswa dianggap mengundurkan diri dan biaya pendaftaran tidak dikembalikan.

 

II. Eksternal (5 November s.d. 12 Desember 2025)

Khusus Jum'at, 12 Desember 2025, batas akhir pendaftaran (status penyelesaian berkas 100%) s.d. pukul 14:00 WIB. Apabila hingga pukul 14:00 WIB berkas belum mencapai 100% maka calon siswa dianggap mengundurkan diri dan biaya pendaftaran tidak dikembalikan.

 

Catatan:

Pendaftaran online akan ditutup jika kuota pendaftar telah terpenuhi.

II.
BIAYA DAN PEMBAYARAN PENDAFTARAN

Biaya Pendaftaran sebesar Rp500.000,00.

Pembayaran dilakukan dengan metode pembayaran otomatis (payment gateway Duitku a.n. PT Kharisma Catur Mandala)

III.
PENGISIAN, PENGUNDUHAN, DAN  PENGUNGGAHAN

1. Biodata Siswa (formulir 1).

2. Surat Perjanjian Kesanggupan Keuangan (formulir 2) bermaterai Rp10.000,00  dan sudah ditandatangani orang tua.

3. Kuesioner Orang Tua.

4. Kuesioner Siswa.

5. Pasfoto ukuran 3x4 cm (menggunakan baju batik dengan latar belakang warna putih).

 

Catatan:

Jadwal wawancara dan tes akademik akan tertera secara otomatis apabila sudah melengkapi formulir isian dan formulir unduh & unggah.

 

IV.
WAWANCARA ORANG TUA 

Wawancara orang tua

Dilakukan secara online yang dilaksanakan pada:

I. Selasa-Jum'at, 25 s.d. 28 November 2025, Pukul 09.00-12.00 WIB.

II. Selasa-Jum'at, 13 s.d. 15 Januari 2026, Pukul 09.00-12.00 WIB.

Catatan:

  • Perlengkapan wawancara orang tua: laptop dan koneksi jaringan internet.
  • Tautan/Link wawancara akan diinformasikan kemudian melalui email.
V.
TES AKADEMIK DAN WAWANCARA SISWA

Tes Akademik

  • Bertempat di Gedung  SMA Al-Izhar Pondok Labu
  • Dilaksanakan secara offline pada Sabtu, 24 Januari 2026, antara pukul 08.00-11.30 WIB (sesuai undangan yang akan diberikan panitia setelah status pendaftaran 100%). 

  • Kondisi calon siswa dalam keadaan sehat
  • Selama mengikuti kegiatan, calon siswa memakai seragam SMP sekolah asal

  • Calon siswa yang akan mengikuti kegiatan, sudah sarapan dari rumah dan membawa bekal makan dan minum.

  • Selama kegiatan berlangsung orang tua tidak diperkenankan menunggu di sekolah.

  • Siswa yang tidak hadir saat tes akademik dianggap mengundurkan diri.

 

Catatan:

Tes Akademik

Mata pelajaran yang diujikan Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris

  • Perlengkapan tes: alat tulis, laptop dengan spesifikasi perangkat,sebagai berikut:

    - Sistem Operasi Windows:

    Dapat berjalan pada PC 32bit dan 64bit dengan sistem operasi: Windows 11, Windows 10 (v.1803 atau terbaru)

    - Sistem Operasi Mac:

    Dapat berjalan pada 64bit Intel Macs dengan sistem operasi: macOS 11 Big Sur, macOS 10.15 Catalina, macOS 10.14 Mojave, macOS 10.13 High Sierra, OS X 10.11 El Capitan

    - iPad

    1. Dapat berjalan pada iOS 9.3.5 atau versi terbaru

    2. RAM: minimal 4GB

    3. Hardisk free space: minimal 500Mb

    4. Resolusi Layar: minimal 1024 x 768 pixels

    5. Konektifitas: WiFi 5/6

    6. Baterai Laptop dalam kondisi normal (tahan selama tes berlangsung, kurang lebih 3 jam).

 

Wawancara Siswa (Internal & Eksternal)

  • Bertempat di Gedung  SMA Al-Izhar Pondok Labu
  • Dilaksanakan secara offline pada Sabtu, 31 Januari 2026, antara pukul 07.30-13.00 WIB (sesuai undangan yang akan diberikan panitia setelah status pendaftaran 100%). 

  • Kondisi calon siswa dalam keadaan sehat;
  • Selama mengikuti kegiatan, calon siswa memakai seragam SMP sekolah asal

  • Calon siswa yang akan mengikuti kegiatan, sudah sarapan dari rumah dan membawa bekal makan dan minum.

  • Selama kegiatan berlangsung orang tua tidak diperkenankan menunggu di sekolah.

VI.
PENGUMUMAN PENERIMAAN 

Rabu, 11 Februari 2026 Pukul 14:00 WIB

Informasi penerimaan akan disampaikan melalui akun email yang digunakan saat pendaftaran dan login website PSB Al-Izhar.

VII.
PENDAFTARAN ULANG (Penyelesaian Administrasi Keuangan) 

Penyelesaian Administrasi Keuangan

Rabu s.d. Senin, 11 s.d. 16 Februari 2026.  Khusus tanggal 16 Februari 2026, pembayaran paling lambat pukul 14.00 WIB. 

Catatan:

Setelah siswa dinyatakan diterima:

1. Menyelesaikan Administrasi Keuangan

  • Dilakukan melalui metode pembayaran otomatis (payment gateway Duitku a.n. PT Kharisma Catur Mandala).

2. Melengkapi Berkas Pendukung

    (Unggah/Upload) berkas sebagai berikut.

  • Surat Perjanjian Orang tua dan Murid (formulir 3)
  • Data kesehatan yang ditandatangani dokter (formulir 4).
  • Surat Keterangan Sekolah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) .
  • Akte Kelahiran 1 lembar (bagi calon siswa yang bukan dari SMP Al-Izhar).
  • Kartu Keluarga 1 lembar (bagi calon siswa yang bukan dari SMP Al-Izhar).
  • Rapor SMP kelas VII, VIII dan IX yang dilegalisir (lengkap dengan data diri) sebanyak 1 set.

3. Melakukan pemeriksaan psikologi bagi siswa internal dan eksternal secara mandiri dan mengunggah hasil pemeriksaan sebelum tanggal 30 April 2026. Berkas asli diserahkan saat siswa masuk sekolah pada awal tahun pelajaran (Juli 2026/2027). Panduan pemeriksaan psikologi akan dikirimkan pada saat pengumuman penerimaan siswa.

VIII.
KUOTA TERSEDIA

Kelas X: 182 Siswa

IX.
LAIN-LAIN

A. Peserta diterima sebagai siswa Al-Izhar jika:

  1. Lulus dari satuan pendidikan sebelumnya.
  2. Mengikuti seluruh tahapan PSB yang ditetapkan Panitia.
  3. Lulus seleksi PSB.
  4. Dokumen rapot yang diunggah dengan dokumen rapot asli sesuai.

B. Hasil PSB tidak dapat diganggu gugat dan bersifat final.

Untuk informasi lebih lanjut silakan mengirimkan pesan melalui nomor WhatsApp (chat only) di bawah ini:

Customer Service  0813 9898 9853

Senin s.d. Jumat pukul: 08.00 s.d. 19.00 WIB (hari kerja)

Email: cs@alizhar.sch.id